Baterai Laptop Terisi Saat Mengetik

Jakarta - Ilmuwan Australia menemukan cara menyalurkan energi yang kita gunakan ketika mengetik untuk memberikan daya bagi laptop. Jadi, gerakan mengetik yang dilakukan di laptop secara otomatis akan mengisi energi baterai perangkat tersebut.

Hal ini bisa dimungkinkan, menggunakan piezoelectricity. Metode ini bekerja dengan cara yang sama seperti menggerakkan pemantik api untuk rokok atau cerutu yang menghasilkan percikan api dari kristal piezoelectric. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari Mashable, Jumat (24/6/2011).

Untuk memberikan energi listrik bagi laptop, diperlukan lembaran film berbahan piezoelectric yang lebih tipis dan dikembangkan menggunakan teknologi nano. Lapisan film ini sangat tipis sehingga bisa melapisi berbagai bagian benda elektronik dan diintegrasikan ke beragam jenis gadget.

"Energi yang dihasilkan dari metode piezoelectric bisa diintegrasikan ke sepatu lari untuk men-charging ponsel. Ini juga bisa diterapkan pada laptop untuk menerima energi dari dari gerakan mengetik," kata co-author penelitian ini, Dr. Madhu Bhaskaran.

Dia bahkan menyebutkan, metode piezoelectric juga bisa digunakan untuk mengubah tekanan darah menjadi sumber energi untuk alat pacu jantung dengan baterai yang tahan lama.

Namun ide ini masih dalam pengembangan dan belum benar-benar diterapkan. Para ilmuwan itu juga tengah mencari cara agar perangkat layar sentuh bisa mendapat energi dari gerakanswipe yang dilakukan. Sayangnya, mereka belum bisa memastikan kapan teknologi ini digelar secara komersial.


Source: detikinet.com

Jumat, 24 Juni 2011

2 responses to Baterai Laptop Terisi Saat Mengetik

  1. Farixsantips says:

    Keren banget dah ini laptop :D pasti harganya mahal banget coz di design khusus untuk journalis hahaha

  2. Nugroho ST says:

    ide yang cemerlang .. :26

Posting Komentar